Ayam Ketawa Ayam Asal Sulawesi Selatan

Siapa yang tidak kenal Ayam Ketawa atau gallus gallus domesticus? Saya fikir sejumlah besar penduduk Indonesia sudah tahu akan kekhasan ayam ini. Ayam ini umumnya dijaga serta buat jadi jadi ayam hias, diluar itu ayam ini seringkali digunakan untuk arena kontes nada kokok ayam.

Bukan hanya ayam pelung, ayam tertawa turut memiliki nada kokok yang cukuplah unik sampai beberapa orang menyenanginya. Harga ayam tertawa dapat disebut demikian mahal untuk group ayam kontes yang mempunyai kualitas nada bagus. Jadi tidak bingung jika budidaya ayam tipe ini mempunyai kesempatan demikian menjanjikan.

Sebagian orang indonesia yakini jika pelihara ayam tertawa akan menghadirkan rezeki buat pemiliknya. Meski belum didapati secara pasti, tetapi kepercayaan ini sudah diakui semenjak jaman dulu. Dengan silsilah ayam tersebut merupakan ayam ras asli Indonesia yang ada dari daerah Sulawesi Selatan, tepatnya di sidrap.

Dalam Dunia ayam hias ini, ayam ketawa terdapat beberapa jenis yang dapat membedakan satu sama lainnya. Apa saja jenis yang dimiliki oleh ayam ketawa ini? mari kita simak pembahasan berikut ini.

Berbagai Jenis Ayam Ketawa Di Indonesia

Ayam Ketawa Ayam Asal Sulawesi Selatan

Bukti sebetulnya kenapa ayam ini diberi nama ayam tertawa ialah karena suara yang sama seperti suara tertawa orang. Buat pengagum ayam unik ini mereka membagi jenis suara ayam ketawa, seperti di bawah ini.

  • Tipe Garetek : Ialah jenis suara kokok yang nada intervalnya cepat.
  • Tipe Dodo : jenis suara Dodo ini memiliki kekhasan kokoknya yang mendayu-dayu.
  • Tipe Gaga : Suara Gaga ini adalah jenis suara kokok yang memiliki nada interval yang lambat.

Bukan hanya suara saja yang dapat membedakan ayam jenis satu ini. Namun terdapat hal yang unik di bagian bulunya. Apa saja perbedaannya? Yuk bersambung dibawah.

  1. Bhakka yakni ayam ketawa yang mempunyai warna basic putih mengkilap lalu dihiasi warna hitam, oranye merah. Kaki hitam atau putih
  2. Lappung yakni ayam ketawa yang mempunyai warna basic hitam beraksen merah hati serta mata putih
  3. Ceppaga yakni ayam ketawa yang mempunyai warna basic hitam, serta dikit warna putih di leher sampai dada serta kaki hitam
  4. Kooro yakni ayam yang memiliki warna basic hitam dengan kombinasi warna hijau, putih atau kuning mengkilap dan kaki kuning atau hitam
  5. Ijo Buata yakni ayam dengan warna basic hijau diselingi warna hitam pada sayap dan kaki warna kuning
  6. Bori Tase yakni ayam dengan basic bulu merah berbintik kuning keemasan.

Populasi Ayam Pembawa Rejeki Sekarang ini

Pada Awalannya habitat ayam ini hanya ada di daerah aslinya, tapi sekarang ini ayam ini sudah menebar hampir di semua tempat Indonesia. Sifatnya kuat, tahan penyakit serta perawatan yang mudah membuat ayam ini disenangi beberapa pengagum ayam hias.

Umumnya beberapa juragan ayam bukan hanya nikmati suaranya saja, mereka turut seringkali membuat kontes sampai ke tingkat nasional yang teratur diadakan 2 kali dalam setahun. Prospek ternak ayam ketawa ini pula demikian baik karena penggemarnya yang tetap semakin bertambah, lebih harga nya yang cukup mahal juga bakal menguntungkan peternak. Demikian kajian tentang ayam ketawa, ayam unik pembawa rejeki. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat beberapa juragan sekalinya.

Nah itulah beberapa pembahasan taruhan sabung ayam kali ini.. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan anda dalam dunia hobi ayam hias. Terima kasih

Artikel ini sudah terbit di www.sabungayambangkok.pw

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*