Bekatul Fermentasi Genjot Bobot Ayam

Bekatul-Fermentasi-Genjot-Bobot-Ayam

Bekatul Fermentasi Genjot Bobot Ayam

Bekatul atau dedak halus telah lama digunakan jadi kombinasi pakan ternak seperti bungkil jagung serta kedelai. Tidak hanya harga murah, Rp1.200 – Rp1.500/kg, kandungan protein yang dikandung kulit bulir padi itu lumayan tinggi sampai 10 – 12%. ‘Pemakaian bekatul sampai 20 – 30% dari keseluruhan pakan,’ kata Sobri. Sayangnya, bekatul gampang tengik sebab mempunyai ikatan asam lemak tidak jemu.Bekatul-Fermentasi-Genjot-Bobot-Ayam

Kekurangan lain, bekatul memiliki kandungan asam fitat. Asam ini adalah zat antinutrisi yang dapat berikatan dengan mineral dan protein seperti Ca, P, Fe, Zn, serta Mg. ‘Asam fitat susah larut di air serta tahan panas. Karenanya bekatul susah diolah,’ kata Sobri yang merangkap dosen peternakan di Kampus Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur.

Enzim fitase

Asam fitat di bekatul memang bisa menghalangi perkembangan. Terikatnya fosfor, contohnya, mengganggu perkembangan tulang serta kenaikan berat badan ayam. Menurut Ir A rnold P Sinurat, MS. PhD, periset penting Balai Riset Ternak (Balitnak) di Ciawi, Bogor, ayam butuh 0,4 – 0,5% fosfor di pakan. Jumlahnya fosfor turun sebab terikat asam fitat. ‘Fosfor yang ada cuma 0,25%,’ kata Arnold. Karenanya diperlukan enzim fitase untuk tingkatkan kandungan fosfor.

Enzim fitase merusak asam fitat jadi lebih simpel. Pada hewan ruminansia, enzim fitase di produksi oleh rumen. Berlainan dengan keluarga monogastrik alias lambung tunggal seperti keluarga unggas, enzim fitase yang dibuat dikit.

Enzim fitase bisa di produksi lewat fermentasi. Ialah Sujono yang menfermentasi bekatul semenjak 2001. Sujono menggunakan kapang tempe Rhizophus oligosporus yang gampang didapat sekitar 2%. Itu dapat dibuktikan dapat merusak asam fitat jadi asam lemak tidak jemu. Waktu itu karbohidrat, lemak, serta protein terhidrolisis jadi senyawa simpel.

Dalam bekatul terfermentasi juga ada asam lemak tidak jemu tunggal serta majemuk, anti-oksidan unsur 2, dan enzim superoksida dismutase. Diluar itu vitamin B serta asam amino bertambah. Asam amino, contohnya, naik dari 7,36% jadi 12,37% serta protein dari 12,09% jadi 18,82%. Ujungnya proses metabolisme semakin lancar serta perkembangan maksimal.

Rendah cholesterol

Berdasar penilaian Sujono bagian bekatul fermentasi jadi kombinasi pakan bisa dinaikkan sampai 40%. Ini memberikan keuntungan peternak sebab mengirit ongkos pakan. Biaya fermentasi bekatul Rp150 – Rp200/kg. ‘Ini masih lebih hemat Rp200/kg dari keseluruhan ransum,’ papar Sobri. Nilai itu dihitung dari harga pakan yang terus bertambah: jagung Rp2.500 – Rp3.000/kg serta kedelai Rp5.600/kg.

Bekatul fermentasi mempunyai kelebihan lain, yaitu turunkan cholesterol daging dari 54,44 mg jadi 29,59 mg. Begitupun cholesterol telur, turun jadi 196,49 mg/100 g bahan kering dari 252,07 mg/100 g bahan kering. Itu berarti, daging serta telur ayam broiler sehat dikonsumsi.

Tidak cuma bekatul, bahan seperti kompak heavy phase (SHP) dari sampah cair sawit, singkong, daun singkong, onggok, kelapa, ampas sagu, serta biji kopi, dapat difermentasi untuk kombinasi pakan. Itu dikerjakan Balai Riset Ternak (Balitnak) Ciawi, Bogor. Pada 2007 balai itu mengenalkan fermentasi SHP jadi alternatif 25% jagung. Mikroba yang digunakan benar-benar adaptif, gampang berbiak, serta tidak membuahkan toksin.

Proses fermentasi tunjukkan berlangsungnya penurunan serat kasar, penambahan protein, asam amino, serta daya metabolisme. Dengan memfermentasi beberapa bahan kombinasi pakan, seperti bekatul serta SHP, peternak mendapatkan banyak keuntungan.

Demikian artikel yang kami berikan ini tentang Bekatul Fermentasi Genjot Bobot Ayam, dan semoga artikel yang kami berikan ini bisa bermanfaat untuk para pembaca dan juga para pemain sabung ayam atau kalian para pemelihara ayam aduan yang sedang mencari cara untuk menggemukan ayam aduan kalian bisa menggunakan cara yang kami berikan di atas ini untuk caranya. Dan untuk kalian yang mau dapatkan info menarik seputar sabung ayam dan juga info jadwal sabung ayam bisa kunjungi link kami ini https://bit.ly/2Y8b6qa , terima kasih sudah berkunjung di artikel kita kali ini dan nantikan artikel menarik kami lainnya dan terima kasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*