Langkah Alami Mengobati Penyakit Tetelo Pada Ayam Laga Kesayangan

Langkah Alami Mengobati Penyakit Tetelo Pada Ayam Laga Kesayangan

Tetelo “ bukan cakap kotor ya guys ( tetek loe ) 😀 ” Tetelo merupakan salah satu penyakit ayam yang sangat berbahaya selain flu burung. Hingga kini di indonesia masih banyak daerah yang belum terbebas dari penyakit jenis ini. Penyakit tetelo berdampak pada para peternak yang mengalami kerugian akibat penyakit tersebut.

Hal tersebut dikarenakan 75% hingga 95% ayam yang terjangkit penyakit ini akan mengalami kematian. Penyakit tetelo dapat menyerang ke ayam yang berusia muda maupun dewasa. Biasanya banyak menyerang pada saat musim pancaroba atau musim kemarau ke musim hujan. Penyakit tetelo ini dapat menular lewat ludah, feses, makanan dan minuman. Penularan juga dapat melalui udara sehingga penyakit ini dapat menular dan menyebar ke mana – mana.

Gejala pertama penyakit tetelo adalah berak encer putih setengah bagian ( seperti cat dinding yang tercecer di lantai ), sebagiannya lembek tapi tidak encer dan berwarna agak kehijauan. Serta Kornea matanya tampak keruh, jenggernya berwarna biru, sayap alami penurunan, apabila telah kronis akan berlangsung kelumpuhan saraf yang menyebabkan kejang-kejang serta leher terpuntir.

Karena belum terdapat obat medis yang bisa menyembuhkan tetelo pada ayam aduan, oleh karena itu tanaman herbal ialah pilihan salah satunya obat penyembuh yang di sarankan. Berikut beberapa resep yang dapat anda pakai dalam mengobati ayam aduan kesayangan yang terserang penyakit tetelo.

Langkah Alami Mengobati Penyakit Tetelo Pada Ayam Laga Kesayangan

Langkah Alami Untuk Menangani Penyakit Tetelo Pada Ayam

  • Berdasarkan pada pengalaman dari beberapa peternak Ayam aduan, hanya dengan Bawang Merah atau Bawang Putih saja tidak bisa menyembuhkan penyakit tetelo. Akan tetapi bila digabungkan dengan ramuan Kunyit 1 cm, Kencur 1/2 cm, dan Bawang Putih masing-masing 3 x pada sebuah minggu dapat menghindar penyakit tetelo (bukan mengobati, akan tetapi untuk menghindar awal mulanya terkena penyakit tetelo).
  • Penggunaan antiseptik/desinfektan alami yaitu Daun Sirih (bukan batang sereh yang digunakan untuk memasak gan), kenyataannya bisa menyembuhkan 3 ekor Ayam aduan dewasa yang baru terkena penyakit tetelo, akan tetapi masih belum diterapkan pada Ayam aduan yang sudah terkena penyakit tetelo yang kronis.
  • Perasan daun Pepaya saja berdasarkan pada pengalaman, tidak dapat menyembuhkan penyakit tetelo. Akan tetapi berdasarkan pada info dari BPP Nanggulan di Yogyakarta, jika mengabungkan ramuan Kunyit, Bawang Putih dan juga daun Pepaya yang dilakukan secara teratur maka akan dapat menghindari penyakit flu Burung. Jika bisa menghindari flu Burung menjadi juga dapat menghindar penyakit tetelo, karna ke-2 penyakit itu sama-sama penyakit infeksi viral yang dikarenakan oleh virus.
  • Obat penyakit tetelo yang sangat ampuh yang sudah sempat dicoba yakni gabungan beberapa tanaman obat dari rimpang Kunyit Putih, daun Sirih Merah, Sambiloto, Temu Kunci. Satu di antara tanaman obat ini sebaiknya harus ada waktu buat ramuan obat untuk penyakit tetelo.
  • 3 jenis yang sudah sempat dicoba yakni gabungan Sirih Merah, Sambiloto, dan Temu Kunci demikian ampuh. Ramuan yang lainnya juga bagus yakni gabungan Kunyit Putih, Temu Kunci, Sirih hijau, daun Pepaya, dan Kunyit umum.
  • Kunyit Putih, Sambiloto dan Sirih Merah ialah antikanker, antiinflamasi, anti radang yang banyak digunakan untuk obat kanker. Penelitian IPB, Balitro, dan publikasi media banyak perlihatkan keampuhan tanaman obat itu untuk kanker serta untuk flu burung (juga penyakit tetelo).

Itulah beberapa langkah yang bisa anda gunakan dalam menangani tetelo dengan bahan alami. Okei sampai disini juga artikel kami yang berjudul : Langkah Alami Mengobati Penyakit Tetelo Pada Ayam Laga Kesayangan. Terima kasih sudah membaca artikel kami, semoga dapat membantu anda dalam menangani penyakit tetelo pada ayam laga kesayangan anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*