Langkah Mencegah Kanibalisme Pada Ayam Aduan Bangkok

Langkah Mencegah Kanibalisme Pada Ayam Aduan Bangkok

Banyak para peternak maupun para penggemar ayam aduan bangkok mengeluh dengan adanya ayam aduan peliharaannya kanibalisme, sebenarnya untuk mencegah kanibal pada anakan ayam aduan kita bisa mengatasinya dengan memberikan pakan yang berupa starter broiler yang dihaluskan terlebih dahulu. Kanibalisme pada anakan ayam aduan biasanya disebabkan kekurangan asupan mineral yang diberikan pada penggemar sabung ayam dan peternak.

Dengan adanya kekurangan tersebut, anak ayam akan mengalami pertubuhan yang relatif cepat, bila kita kurang dalam memberikan pakan, maka otomatis ayam tersebut akan mencari tambahan mineral pada tubuhnya. Ayam tersebut akan mulai mencari mineral yang terdapat pada badan ayam dengan mematuk badan ayam satu kandangnya. Seperti di film – film kanibalisme, siapa yang terkuat dialah yang akan berkuasa.

Selain memberikan pakan broiler starter, kita bisa memberikan pakan pada anakan ayam Bangkok tersebut dengan 3 1/2 sedok makan mineral serta dicampur sedikit dengan garam perkilo pakan yang kita berikan pada ayam aduan kita. Kami sarankan untuk tidak memberikan terlalu banyak garam kepada ayam aduan dikarenakan dapat membuat kotoran yang dihasilkan ayam aduan tersebut berupa cair dan dapat merontokan bulu ayam aduan.

Selain kanibalime pada ayam, masih banyak kasus lainnya yang dikeluhkan oleh para penggembang biak ayam aduan, terutama masalah pakan. Kebanyakan ayam aduan Bangkok mengalami gangguan pada dadanya yang mengalami pembengkokan. Salah satu penyebab dari pembengkokan tersebut dikarenakan ayam yang kekurangan vitamin serta mineral.

Berikut masalah yang sering dialami para peternak ayam aduan Bangkok.

Masalah Tulangan Ayam

Bila anda mempunyai anakan ayam bangkok yang mempunyai tulangan yang sangat kecil tidak cocok dengan induknya. perihal ini dapat berlangsung karena perkembangan dari anak ayam itu terhalang baik ketebalan tulangnya serta kemampuan tulangnya, jadi dalam memberikan pakan kepada ayam mesti begitu diperhatikan, beri gizi yang seimbang serta beri pakan pada ayam sesuai dengan umurnya.

Agar pertumbuhan tulang pada ayam aduan Bangkok dapat bertumbuh dengan sempurna. Sebaiknya kita berikan pakan yang rendah energi serta protein, khususnya anakan ayam aduan yang berumur 1 hingga 8 bulan. Serta untuk mendapatkan pertumbuhan tulang ayam yang tepat serta ideal, bisa juga kita berikan pakan campuran 0,5% garam, 40% katul, 3% mineral, serta glower petelur 60%.

Anakan Ayam Yang Cepat Besar

Masalah lainnya yang sering kita dengar dari para peternak ayam aduan adalah cepatnya pertumbuhan ayam, atau ayam cepat membesar. Loh bukannya bagus bila ayam cepat besar? tidak, ayam petarung yang cepat besar umumnya mempunyai badan yang lembek, berlemak, serta kaki yang lemah. Maka itu untuk mencegah anakan ayam seperti ini, jika anakan sudah mencapai umur lebih dari dua bulanan. Sebaiknya kita umbar dan jangan mencampuri anak ayam Bangkok dalam sebuah kandang. Apalagi terlalu banyak anak ayam dalam kandang, hal ini tenu untuk mencegah ayam berebutan pakan dan mencegah ayam kembali melakukan kanibalisme terhadap ayam lainnya.

Nah, itulah cara untuk mencegah ayam aduan untuk mengkanibalisme sesama ayam dalam satu kandang. Bila ada sebuah kesalahan dalam artikel taruhansabungayam.pw, kami mohon maaf dan anda bisa mengcomment dibawah ini untuk memperbaikinya.

Demikian juga artikel kami yang berjudul “ Langkah Mencegah Kanibalisme Pada Ayam Aduan Bangkok “. Terima kasih sudah mengunjungi artikel kami, semoga dapat membantu anda dalam mengembangbiakkan ayam aduan Bangkok. Terima kasih..

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*