Langkah Mengawinkan Ayam aduan Agar lebih Produktif

Langkah Mengawinkan Ayam aduan Agar lebih Produktif

Langkah Mengawinkan Ayam aduan Agar lebih ProduktifAgar menjadi peternak maupun penghobi ayam aduan yang sukses, keterampilan yang harus dimiliki adalah memahami tentang bagaimana langkah mengawinkan ayam secara benar. Perkawinan merupakan langkah bagi para peternak untuk melakukan pengembangbiakkan hewan ternak. Pada dasarnya, ayam laga dapat melakukan perkawinan tanpa adanya campur tangan dari kita. Tapi sebagai salah satu penghobi dan peternak harus wajib mengetahui tentang bagaimana cara mengembangbiakkan ayam laga agar lebih produktif.

Berternak ayam aduan sangatlah berbeda dengan memelihara atau menternak ayam lainnya. Nilai jual ayam aduan semakin lebih tinggi jika ayam aduan itu berkualitas. Jadi sebelum proses mengawinkan peternak mesti mengenali ciri ayam aduan berkualitas menjadi referensi budidaya peningkatan ayam aduan. Ciri induk ayam aduan serta pejantan akan sangat memengaruhi kualitas anak ayam aduan yang akan dihasilkan.

Sistem Perkawinan Yang Sering Digunakan

  • Pen Mating
    Yakni skema perkawinan yang memakai satu ayam pejantan untuk 4-5 ayam aduan betina. Keunggulannya ialah semakin lebih cepat memproduktifkan budidaya, dengan skema ini pejantan yang dipakai tidaklah terlalu banyak. Sedangkan kelemahannya ialah akan ada indukan ayam aduan yang akan terintimidasi, bisa jadi kalah bertanding dengan betina yang lain ataukah tidak disenangi oleh ayam aduan pejantan.
  • Stud Mating
    Yakni skema perkawinan yang memakai satu pejantan serta satu indukan betina. Keunggulannya ialah tingkat telur yang dibuat semakin lebih jelas serta terjamin mutunya. Namun jika dalam usaha budidaya yang bertaraf besar skema perkawinan ini dianggab kurang bagus sebab akan kebanyakan memakai ayam pejantan dalam proses mengawinkan.
  • Flock Mating
    Yakni pola perkawinan yang memakai beberapa jumlahnya ayam jantan serta beberapa ayam betina. Keunggulannya ialah telur yang dibuat semakin lebih beragam, namun untuk budidaya ayam aduan pola ini kurang dapat diaplikasikan sebab umumnya pejantan akan bertanding dengan pejantan yang lain jika digabung pada sebuah kandang.
  • Inseminasi Buatan ( IB )
    Yakni sistem perkawinan unggas yang modern dengan menggunakan teknologi peternakan. Sistem ini dilakukan dengan menyuntikan sel sperma ayam jantan ke ayam betina dengan bantuan manusia. Namun, sistem perkawinan ini kurang efektif untuk mengaplikasikan pada ternakan ayam aduan.

Langkah Mengawinkan Ayam Aduan

Cara mengawinkan ayam aduan bisa dilakukan salah satu skema perkawinan yang sudah ditulis diatas. Menurut salah satu penghobi dan juga peternak di kota jogja, untuk mengawinkan ayam laga agar dapat menghasilkan keturunan yang berkualitas bisa menggunakan skema stud mating dan juga pen mating. Kemudian proses mengawinkan bisa dilakukan dengan langkah seperti berikut ini :

Jika anda memakai skema perkawinan Stud Mating (satu pejantan serta satu betina) dapat dikerjakan dengan kandang yang memiliki ukuran 2×2 meter. Sedang bila memakai skema Pen Mating (satu pejantan serta banyak betina) jadi dapat memakai kandang yang memiliki ukuran semakin besar, contoh 2×4 meter. atau dapat juga dikerjakan tidak dalam kandang dalam pengertian ayam diumbar atau di biarkan berkeliaran di halaman terbuka.

Tahap selanjutnya biarlah ayam jantan dengan ayam betina lakukan perjodohan dengan alami. Umumnya ayam yang jodoh akan bertelur cuma dalam hitungan hari. Untuk pemakaian ayam betina yang semakin banyak jadi yang butuhkan ialah kesabaran. Pejantan akan tidak mengawini semua betina dengan sekaligus juga, tetapi untuk pejantan yang produktif bukan mustahil untuk lakukan perkawinan dengan serentak. Bila dalam perjodohan cuma beberapa ayam betina yang ingin bertelur jadi nantikan ayam betina yang bertelur sampai ia mengeram, jadi otomatis pejantan akan meneruskan pada ayam betina yang setelah itu.

Nah itulah langkah yang bisa anda lakukan dalam mengawinkan ayam aduan agar lebih produktif dan dapat menghasilkan pundi – pundi rupiah. Terima kasih sudah membaca gan..

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*