Langkah Terbaik Dalam Budidaya Sabung Ayam Filipina

Langkah Terbaik Dalam Budidaya Sabung Ayam Filipina

Sabung ayam Filipina atau ayam sering kita sebut dengan ayam texas ( Bukan ayam goreng texas ya gan hihi..). Sabung ayam filipina Merupakan seekor ayam laga yang biasanya digunakan untuk pertarungan berdarah atau bertarung dengan pisau yang dengan sengaja diletakkan dikaki ayam filipina. Ayam Filipina ini mempunyai gaya bertarung yang cepat dan gesit. Tubuhnya terbilang amat kecil di banding dengan ayam Bangkok, birma, Saigon dan ayam siam.

Tentu bila ayam Filipina ini bertarung dengan ayam laga lainnya tanpa menggunakan pisau taji dikakinya pasti akan mengalami kekalahan. Dikarenakan tanpa adanya pisau di kakinya ayam Filipina mustahil bisa mengalahkan ayam laga lainnya dikarenakan postur tubuh kecil yang pastinya kalah power dengan ayam tarung lainnya.

Bila kita membicarakan harga dari sabung ayam Filipina ini tentu dinilai dari gaya bertarungnya. Kebanyakan harga ayam Filipina dengan gaya bertarungnya yang biasa aja dihargai 500rb hingga 750ribuan, apalagi sabung ayam Filipina yang mempunyai gaya bertarung kualitas bagus pastinya sudah mencapai harga tinggi. Maka atas dasar inilah kami mencoba memberikan infomasi yang mungkin akan berguna untuk anda yang ingin membudidaya sabung ayam Filipina ini. Berikut uraiannya.

Memilih Indukan Ayam Filipin Berkualitas

Langkah Terbaik Dalam Budidaya Sabung Ayam Filipina

Dalam memilih indukan tidaklah boleh asal, hal ini tentu akan bersangkutan dengan kesuksesan anda dalam mengbudidaya ayam Filipina ini. Jika pejantan pernah kalah dalam arena, maka secara tidak langsung akan menghasilkan anakan yang mewariskan sifat kekalahan dari pejantan tersebut. Carilah pejantan yang sudah pernah menang maka otomatis anakkan akan secara tidak langsung mewarisi sifat menang dari pejantan tersebut.

Proses Perkawinan Sabung Ayam Filipina

Bila anda sudah menemukan pejantan dan betina yang tepat, maka langsung saja melakukan proses perkawinan. Terdapat banyak sekali langkah untuk mengawinkan ayam aduan Filipina tersebut, tapi dalam artikel ini kita akan membicarakan perkawinan alami dengan menggunakan kandang umbaran dengan luas 3M x 4M (PxL). Dalam kandang umbaran jangan lupa untuk memberikan tempat berteduh dan tempat ayam bertelur. Biasanya para peternak maupun penggemar sabung ayam Filipina ini memasukan ayam betina lebih dari 5 ekor dan seekor ayam jantan. Bisa juga diberikan betina lebih 5 ekor dengan maksimal 10 ekor saja, tapi kalau lebih dari 10 ekor ayam betina akan mempengaruhi kualitas telur ayam Filipina tersebut.

Dari informasi yang kami dapatkan dari seorang peternak ayam filipin di jogja. Bahwa ada sebuah masalah bila menggunakan metode tersebut untuk mengawinkan ayam Filipina. Yaitu ketika ayam Filipina jantan dilepas dari kandang umbaran, pejantan tersebut langsung menyerang semua betina yang ada dalam peternakannya. Namun setelah kami telusuri lebih di perternakannya, pemilik peternak tersebut sudah menemukan cara terbaik dalam mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan cara masukan pejantan ke kandang umbaran dan jangan langsung dilepas bebas, kurunglah ayam tersebut dengan kurun waktu sekitar 1 minggu, yang mempunyai tujuan supaya pejantan tidak lagi bersifat agresif dan lebih tenang. Bila pejantan masih mempunyai sifat agresif, maka masukan lagi ayam tersebut dalam kandangnya. Hingga sifat agresif dan ingin menyerang tersebut hilang atau mereda.

Selain metode umbaran tersebut, terdapat juga beberapa metode lainnya seperti :

  • Metode kawin tembak yang merupakan langkah menyodorkan ayam betina kepada pejantan untuk melakukan perkawinan.
  • Metode Inseminasi Buatan ( IB ) yaitu perkawinan suntik sperma ayam pejantan ke betina dengan bantuan manusia.

Perawatan DOC Ayam Filipina

Langkah Terbaik Dalam Budidaya Sabung Ayam Filipina

Salah satu yang paling penting dalam budidaya ayam Filipina adalah perawatan anakkan ayam Filipina. Pemisahan DOC ( day old chick ) dengan induknya sangatlah penting supaya si betina dapat cepat bertelur kembali mengingat ayam Filipina merupakan induk yang sangatlah buruk dalam merawat anak – anaknya sangat penting bagi anda untuk memisahkan anaknya dari induknya.

Pada dasarnya perawatan DOC ayam Filipina tidak jauh berbeda dengan DOC lainnya. Dalam artikel ini kita menggunakan sistem kandang litter. Kandang litter adalah menempatkan sekam padi dilantai kandang agar ayam tetap hangat, dan juga jangan lupa untuk menaruh bohlam untuk membantu memberikan kehangatan kepada anak ayam tersebut.

Pada masalah pakan, anda bisa menggunakan pakan yang berprotein tinggi. Contoh pakan berprotein tinggi adalah konsentrat ( voor ) yang banyak diperjualbelikan ditoko unggas. Untuk DOC yang berumur 1-3 minggu janganlah batasi keperluan pakannya sebab pada umur tersebut begitu rawan pada kematian, bila melihat tempat pakan kosong selekasnya isi. Perihal yang butuh dilihat ialah kebersihan kandang, pemberian air minum, multivitamin serta vaksin pada DOC untuk kurangi kemungkinan terkena penyakit atau virus. Perlu diingat jika ayam filipina juara ialah ayam yang sehat. Oleh karena itu, jagalah kesehatan ayam sedini mungkin.

Apakah sudah cukup jelas gan? bila belum mari nonton video berikut ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*