Langkah Terbaik Dalam Melatih Dan Cara merawat Ayam Birma

Langkah Terbaik Dalam Melatih Dan Cara merawat Ayam Birma

Langkah Terbaik Dalam Melatih Dan Cara merawat Ayam Birma – Ayam birma atau Burma merupakan suatu jenis ayam aduan yang berasal dari negara Myanmar. Ayam asli birma semakin popular dikalangan komunitas sabung ayam diindonesia. Dikarenakan dalam sebuah pertandingan sabung ayam, ayam birma memukau para penggemar sabung ayam dalam menghabisi lawannya dengan pergerakan yang cepat serta akurasi pukulan tinggi. Ditambah lagi bila ayam burma / birma mendapatkan latihan dan perawatan yang tepat maka ayam birma tidak akan terkalahkan oleh ayam aduan sekelasnya.

Tapi terdapat sebuah permasalahan untuk para penggemar ayam sabung birma, yaitu kelemahan dari ayam tersebut yang mempunyai kerangka tulang tipis serta kecil. Tidak seperti ayam Bangkok asli yang mempunyai kerangka tulang super besar dan tebal. Maka dari itu anda yang sebagai pemilik ayam tarung birma harus memberikan perawatan khusus agar menjadi petarung handal nantinya.

Bila anda merupakan salah satu penggemar sabung ayam dan bingung bagaimana cara atau langkah tepat untuk merawat ayam aduan birma ini. Maka anda sudah tidak salah lagi membaca artikel kami, diartikel kami yang satu ini kami akan memberikan ulasan dari pengalaman salah satu botoh tua yang bergabung dengan komunitas jagoan ayam kampung di wilayah benua jawa.

Cara Merawat Ayam Birma Terbaik Dan Rekomendasi

  • Merawat ayam tarung birma sama dengan merawat ayam aduan jenis lainnya yakni mempersiapkan kandang yang bersih serta sehat yang tentu saja nyaman untuk ayam aduan birma tersebut.
  • Sesudah usia ayam laga birma dewasa, semestinya ayam birma dewasa di pindahkan ke kandang yang lainnya, tempatkan ayam laga birma di kandang yang lebar. Serta akan lebih baik memakai alas dari pasir atau berumput.
  • Dengan kandang yang luas, maka anda bisa memberikan tangkringan dalam kandang tersebut. Dengan adanya tangkringan tersebut, maka ayam akan sering melompatinya secara tidak langsung ayam dapat melatih otot kaki ayam dengan sendirinya.
  • Memberi makanan penambahan seperti multi vitamin dan dikit gingseng seandainya ada. Yakinkan pemberian vitamin dengan takaran yang cocok serta tepat karena bila melewati dosis jadi ayam dapat ngorok.

Setelah memberikan perawatan intensif kepada ayam aduan birma, maka anda bisa menerapkan latihan yang pastinya dibutuhkan oleh ayam birma. Seperti apa latihan ayam tersebut? mari kita simak pembahasan dibawah ini.

  • Step pertama, pada pagi hari, berikanlah ayam sarapan secukupnya dengan pakan beras merah. Lalu mandikan ayam dengan menggunakan spons lalu jemur ayam dibawah terik matahari. Namun untuk menjemur ayam disarankan tidak boleh lewat jam 10 pagi gan..
  • Step kedua, pindahkan ayam ke tempat yang lebih teduh. Berikan air dalam kandang ayam agar tidak terjadi hidrasi pada tubuh ayam.
  • Step ketiga, lompatkanlah ayam sebanyak 10x setiap harinya, dengan cara kedua tangan melempar ayam keatas. Jangan terlalu tinggi dan pastikan alas bawah tidak mengandung barang tajam maupun keras. Setelah satu minggu naikkanlah jumlah lompatan ayam tapi sesuai dengan kondisi ayam ( jangan terlalu dipaksa gan ).
  • Step keempat, sesudah ayam latihan, masukan kembali kedalam kandang umbaran, dan juga masukan tangkringannya agar ayam dapat melompat.
  • Step kelima, biarkanlah ayam didalam kandang hingga 3 hingga 4 jam. Dalam satu minggu, lakukanlah langkah ini setiap senin dan juga kamis. Cukup mandikan ayam dan jemur ayam pada hari jumat.
  • Step keenam, bawalah ayam kearena terdekat, hal ini bertujuan untuk menguji tingkat kemampuan ayam yang sudah anda latih dan rawat dengan lembut dan kasih sayang.

Itulah beberapa langkah yang dapat anda lakukan dalam merawat ayam dan juga melatih ayam aduan birma anda agar menjadi ayam aduan berkelas. Terima kasih semoga sukses gan..

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*