Manfaat Batu Kapur Untuk Ayam Aduan Bangkok

Manfaat Batu Kapur Untuk Ayam Aduan Bangkok

Manfaat Batu Kapur Untuk Ayam Aduan Bangkok – Umumnya untuk memperkuat tulang ayam aduan Bangkok adalah dengan memberikan kalsium-calk. Calk mengandung calcium tinggi yang telah banyak digunakan oleh para peternak dalam memperkuat tulangan ayam bangkoknya. Sementara sumber kalsium yang umum digunakan pada peternak ayam petelur serta itik petelur adalah kerang giling, MBM serta tepung tulang.

Kalsium merupakan zat utama dalam membentuk tulang. Sebanyak 99% kalsium berada dalam tulang. Maka dari itu, bagian tubuh yang paling membutuhkan kalsium merupakan tulang.

Batu kapur memiliki kandungan kalsium 40%, hampir sama turut dengan kandungan kalsium kerang giling yang lebih kurang 40% kalsium, jadi sumber kalsium pilihan serta gampang dan murah didapat. Pada artikel kali ini di jabarkan info terkait kalsium dari calk, yang dibandingkan dengan batu kapur atau batu gamping ( limestone ).

Kalsium Dapat Di Dapatkan Di Toko Obat/Apotik

Calk berbentuk tablet dapat didapatkan dengan mudah di toko obat atau apotik. Calk itu sebetulnya untuk konsumsi anak-anak pada waktu perubahan dan untuk wanita hamil, jadi tentunya dapat digunakan untuk hewan atau ayam laga.

Harga calk ( Tergantung Merk ) Rp 2.000 per 10 butir @500mg. Harga untuk paket botol yakni Rp : 16.000/100 tablet. Berarti lebih kurang rp 160 s/d rp 200 per butir. Bila dikasih demikian kali dalam satu minggu pada banyak ayam bangkok jadi ikut akan menyebabkan kanker ( kantong kering ).

Kalsium Batu Kapur Untuk Peternakan Ayam Petelur

Batu kapur yang dihancurkan atau digiling telah diletakkan oleh peternakan ayam petelur ( ayam kedu ) di banyak daerah.

Beberapa mahasiswa peternakan-ipb telah pelajari aplikasi batu kapur di beberapa tempat peternakan ayam petelur, yang pada akhirnya tunjukkan jika pemberian batu kapur sama bagusnya dengan kerang giling, yaitu buat tulang induk petelur tetaplah kuat meskipun banyak kalsium yang di mengeluarkan untuk pembentukan cangkang telur.

Bagi peternak ayam petelur yang telah tahu, ubah penggunaan kerang giling yang dengan harga yang cukup mahal, diganti dengan batu kapur yang mudah di dapat di tiap-tiap daerah.

Batu kapur ini mudah di dapatkan. Diwaktu ini banyak pembangunan jalan di perumahan yang menggunakan batu kapur, jadi bisa diminta satu batu saja yang cukuplah untuk persedian selama beberapa bln. Untuk peternak ayam aduan bangkok rumahan.

Langkah Penggunaan :

  • Langkah pemakaianya yaitu dengan menghancurkan batu kapur hingga halus, yang halus untuk anak ayam, yang agak besar berupa butiran dapat diberikan untuk ayam yang cukuplah besar, sekaligus bagus untuk pencernaan ayam.
  • Campurkan 5% batu kapur hancuran dalam pakan, yakni lebih kurang 3 sendok makan untuk setiap 1 kg pakan kering (perumpamaannya 3 sendok untuk 1kg pur). Jangan pernah memberi batu kapur rata-rata, sebab bisa mengakibatkan berek encer atau putih pada ayam aduan.
  • Praktek pemberian batu kapur pada anakan setelah itu memuaskan, di manakah tulang dada anakan yang cukup bengkok dalam dapat dikit lebih baik setelah pemberian batu kapur ini.
  • Tapi sebetulnya pemberian kalsium pada ayam aduan yakni untuk isi dan memadatkan tulang jadi tulang jadi padat serta kuat.

Batu kapur ini bisa menjadi pilihan para peternakan ayam petelur serta itik petelur. Pemakaian kalsium pada ayam petelur atau itik petelur yaitu untuk pembentukan cangkang telur serta sekalinya mengamati banyaknya kalsium pada tulang indukan supaya tidak terkuras untuk pembentukan cangkang telur.

Demikian juga artikel kami yang berjudul ” Manfaat Batu Kapur Untuk Ayam Aduan Bangkok “. Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga dapat membantu anda..

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*