Segalanya Tentang Ayam Pelung

Ayam pelung merupakan salah satu ayam jenis ras yang berasal dari indonesia, lebih tepatnya di daerah cianjur, jawa barat. Unggas ini disebut juga berasal dari keturunan ayam hias hutan merah. Ayam hias pelung mulai dijinakkan pada saat salah satu kerajaan di Jawa Barat. Ukuran badan ayam ini sekitaran 7 kg serta mempunyai perkembangan yang super cepat dibanding dengan ayam kampung. Ayam pelung cianjur ialah salah satu jenis ayam yang mempunyai nada kokok-an yang merdu serta panjang.

Sejarah Singkat Ayam

Pada jaman dahulu menurut narasi penduduk setempat, semenjak pertengahan era ke-18 jenis ayam pelung telah berada di Desa Bunikasih kecamatan Warung kondang Cianjur. Jadi, Raden Haji Djarkasih seseorang kyai serta Ibu Acih seseorang petani menemukan anak ayam jantan di kebunnya. Raden Haji Djarkasih lantas menangkap dan memeliharanya. Anak ayam jantan itu dirawat serta dikawin silangkan dengan ayam betina kampung serta akhirnya menetaslah ayam pelung yang seperti sekarang ini.

Ayam hias pelung memang sangatlah popular di Indonesia bahkan juga dalam dunia. Dulu kala ayam ini disukai oleh seseorang Putra Kaisar yang bernama Pangeran Naruhito yang datang dari Jepang. Pangeran itu memang diketahui menjadi penggemar ayam juga. Sebab dia menyimpan simpati dengan jenis ayam ini, jadi dia membawa ayam pelung sampai ke Jepang serta akan mengembangbiakkannya.

Jenis – Jenis Ayam Hias

Untuk ayam hias ini, hanyalah terdapat satu jenis saja. Atau tidak ada variasi ayam pelung seperti ayam hias lainnya yang mempunyai banyak jenisnya. Hanya saja disetiap daerah di indonesia, ayam ini mempunyai nama yang bervariasi. Seperti contoh: ayam pelung Cirebon, ayam pelung cianjur, dan lain sebagainya.

Segalanya Tentang Ayam Pelung

Ciri – Ciri Yang Dimiliki Ayam Pelung Pejantan

  • Bentuk jengger yang tunggal, bergerigi serta berwarna merah cerah
  • Mempunyai bola mata yang bersinar serta tajam
  • Bentuk paruh yang runcing serta tebal
  • Memiliki leher besar, panjang dan juga kokoh
  • Biasanya mempunyai warna bulu merah kehitaman, hijau mengkilat, serta blorok
  • Mempunyai bobot tubuh 5 – 7 kg dan tinggi 40 hingga 55 cm
  • Memiliki postur tubuh tegap, energik dan juga gagah
  • Mempunyai kaki panjang dan cakar yang kuat
  • Kaki berwarna hitam kebiru – biruan.

Segalanya Tentang Ayam Pelung

Ciri Yang Dimiliki Ayam Pelung Betina

  • Mempunyai warna jengger yang merah serta besar
  • Mempunyai kepala yang sedikit lonjong
  • Mempunyai alis dan mata bersinar
  • Bagian dada yang kuat dan lebar
  • Bagian sayap yang rata ( tidak gantung )
  • Dalam satu periode dapat menghasilkan telur sebanyak 5 hingga 10 butir.

Cara Dan Metode Dalam Merawat Ayam Hias Pelung

Segalanya Tentang Ayam Pelung

  • Pakan atau makanan ayam
    Makanan ayam hias jenis ini nyatanya tidak sulit serta terdapat banyak di sekitar kita. Anda bisa memberi pakan seperti nasi, beras merah serta gabah. Supaya unggas hias type ini mempunyai kokok yang lebih merdu, Anda dapat juga beri buah-buahan seperti pisang, jeruk, tomat dan pepaya. Pakan-pakan tersebut mempunyai harga yang tidaklah terlalu mahal. Jadi, jika Anda sudah mulai tertarik untuk memelihara ayam hias jenis ini Anda tak perlu cemas sebab pakannya tidak sulit serta mahal.
  • Merawat kandang ayam
    Kandang adalah perihal yang sangat terpenting untuk hewan ternak. Kandang selalu harus dirawat serta dibuat bersih. Membersihkan kandang 2 hari sekali atau supaya lebih terjamin sebaiknya bersihkan setiap harinya, supaya juga ayam terlepas dari serangan beberapa penyakit yang beresiko. Kandang bersih sangat memengaruhi buat ayam ini sebab jika ayam terasa nyaman ayam hias pelung akan keluarkan kokoknya yang merdu. Tidak hanya kebersihan kandang, upayakan di dalam kandang dibikin tempat bertengger. Mengapa demikian ? Sebab tipe ayam hias ini suka bertengger di kandangnya.
  • Memberikan vitamin dan juga ramuan herbal
    Pemberian vitamin begitu bermanfaat untuk ayam jenis hias ini. Vitamin bisa mengawasi nada kokoknya yang merdu serta bisa mengawasi tubuhnya supaya masih sehat. Sedangkan untuk ayam hias yang seringkali diikutkan kontes umumnya dikasihkan ramuan herbal atau jejamuan yang dapat membuat nada kokok pelung semakin merdu.

Penggelaran Kontes Ayam Pelung

Tidak bingung sebagian orang yang mencari tipe ayam hias yang terbaik danmempunyai suara kokokan yang panjang untuk dikonteskan. Pengagum yang sudah fanatic, biasanya ikuti ajang kontes yang teratur disetiap daerah.

Bukan hanya itu, beberapa penghobi yang sering mengikuti kontes ayam ini di semua wilayah di indonesia biasanya mempersiapkan ayam sejak lama. Dari mulai melakukan perawatan bulu, memilih pakan berkualitas dan juga hal yang lainnya.

Harga Ayam Pelung

Seiring bertambahnya permintaan dari para penggemar ayam hias diseluruh indonesi, otomatis harga unggas ini melonjak naik. Bila berbicara tentang ayam, ayam yang satu ini mempunyai harga jual yang lumayan ketimbang ayam petelur hingga ayam pedaging. Berikut ini kami ulas harga dari ayam pelung menurut usia serta kualitas berkokoknya.

Segalanya Tentang Ayam Pelung

  • Umur 1 – 3 bulan
    Saaat berumur 1 hinga 3 bulan, ayam pelung dibanderol di harga dari mulai 50 ribu sampai 450 ribu rupiah.
  • Umur 3 – 6 bulan
    Diusianya yang ke tiga sampai 6 bulan ini, pelung umumnya dibanderol di harga seputar 450 ribu.
  • Dewasa serta berkualitas tinggi
    Untuk pelung yang telah dewasa serta beberapa sudah mempunyai nada yang panjang, jadi dibanderol di harga yang cukup umumnya 1 juta ke atas. Bahkan ada yang berani membayar 3 juta untuk ayam hias jenis ini yang sudah dewasa ketika mendengar kokokannya yang merdu.

Nah, itulah beberapa ulasan kami tentang ayam hias khas indonesia ini. Demikian juga artikel kami, semoga dapat memberikan anda infomasi tentang ayam pelung ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*