Tips Merawat Dan Mengobati Cacar Ayam Aduan

Tips-Merawat-Dan-Mengobati-Cacar-Ayam-Aduan

Tips Merawat Dan Mengobati Cacar Ayam Aduan

Cacar ayam merupakan salah satu penyakit yang diketahui oleh para pecinta ayam sebagai salah satu penyakit yang menyerang ayam aduan atau unggas. Seperti penyakit unggas lainnya hal ini tentu saja berakibat buruk untuk ayam aduan itu tersendiri, karena selain menular penyakit ini juga bisa merugikan bagi para peternak ayam aduan itu sendiri, maka dari itu sebisa mungkin kita sebagai pemilik ayam aduan untuk mencegah ayam aduan yang kita miliki agar terhindar dari segala macam penyakit ayam.

Tips-Merawat-Dan-Mengobati-Cacar-Ayam-Aduan

Ciri ciri ayam yang terkena penyakit cacar adalah berawal dari munculnya kutil atau benjolan benjolan di sekitar kepala atau seluruh badan ayam, dan penyakit ini biasanya menyerang anak ayam atau ayam aduan yang sudah dewasa. Namun pada kasus cacar ayam ini yang menyerang anak ayam itu akan sangat berbahaya untuk anakan ayam tersebut dan bisa juga menyebabkan kematian pada anakan ayam itu dan juga dapat menularkan ke anakan ayam yang lainnya juga.

Ayam Aduan

Cacar ayam atau dalam arti medis dimaksud Avian pox lebih diketahui dengan arti kutil unggas di Indonesia. Avian pox tidak cuma menyerang anak ayam, tetapi semua type unggas yang lain seumpama burung hantu, kenari, kalkun, burung predator (elang), burung finch, lovebird, murai batu, kacer serta spesies unggas yang lain.

Dan disini kami akan menjelaskan kepada kalian semua para pecinta ayam aduan yang mungkin sedang mengalami hal serupa kepada ayam aduan kalian semua. kami akan memberikan beberapa cara merawat dan mengobati ayam aduan yang sedang terkena penyakit cacar :

Tindakan pencegahan awal bisa dilakukan dengan beberapa tindakan sebagai berikut ini:

1. Sebisa mungkin ayam liar tidak dekat ke kandang ayam atau dekat dengan ayam peliharaan.

2. Membersihkan genangan air serta sekitar lingkungan supaya terlepas dari sarang nyamuk yang membawa virus cacar.

3. Membersihkan perlengkapan serta kandang ayam sekurang-kurangnya satu minggu 2x supaya terlepas dari kerancuan virus pemicu cacar.

4. Tutuplah kandang ayam dengan rapat khususnya saat malam hari, sebab virus ini dapat dibawa oleh nyamuk atau serangga lainnya.

5. Pisahkan ayam yang sakit dengan ayam yang sehat. Jika memang perlu isolasikan atau karantina ayam yang sakit hinga pulih supaya tidak ada kontak langsung dengan ayam sehat.

6. Membersihkan semua perlengkapan serta kandang yang terkait langsung dengan virus. Anda dapat menggunakan larutan pembersih atau FreshAves dengan memakai cara semprot.

7. Berikan cream spesial cacar yang dapat dibeli di apotek atau toko obat di bagian yang terluka karena cacar dengan teratur sampai pulih.

8. Untuk sisi kutil, jauhi untuk mencabutnya dengan mandiri. Lebih baik pakai obat seperti Betadine, antisep, Methylen Blue/Neo Blue, rodalon, dan lain-lain. Berikan sehari-hari dengan teratur sampai kutil itu jatuh atau terlepas sendiri.

9. Menurut pengalaman botoh dapat memakai obat tradisionil, yakni: gambir + injet + jeruk purut. Bahan digabung serta dioles-oleskan pada luka cacar.

10. Penyembuhan pilihan dengan memberi cecak. Dengan memberi cecak, yang dipanggang serta tidaklah terlalu masak atau jangan pernah gosong. Pemberian itu dikerjakan sampai kulit serta kutil ayam pulih.

11. Tambahkan iodium pada luka serta sisi luka cacar. Janganlah lupa masih beri pakan yang bergizi. Sesudah ayam betul-betul pulih baru dikumpulkan dengan ayam-ayam yang masih tetap sehat.

Sabung Ayam Aduan

Demikian artikel yang kami berikan ini tentang “Tips Merawat Dan Mengobati Cacar Ayam Aduan“, dan semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk para pembaca dan juga para pemain serta para pemelihara ayam aduan yang sedang mencari cara dalam merawat ayam aduan yang sedang terkena penyakit cacar ini. Terima kasih sudah berkunjung di artikel kami kali ini dan nantikan artikel menarik kami lainnya dan terima kasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*