Wajib Hindari! Penyebab Kerugian Dalam Budidaya Ayam Potong

Wajib Hindari! Penyebab Kerugian Dalam Budidaya Ayam Potong

Dalam menjadi peternak apapun itu, pastinya tidak akan terlepas dari resiko kerugian serta kegagalan, sama juga dengan usaha ternak ayam potong. Entah baik itu dalam skala perusahaan ataupun dalam skala mandiri, hal tersebut memang rentan terjadi. Terdapat unsur penting dalam menjalankan usaha ternak ini yaitu unsur produksi, manajemen, serta pemasaran.

Pengetahuan penduduk hingga tertarik untuk menjalankan usaha budidaya ayam broiler yakni sebab waktu budidaya yang relatif cepat serta harga komoditi yang relatif tambah murah. Tetapi terlepas dari itu, seseorang peternak dituntut untuk mempunyai landasan pengetahuan serta pengetahuan yang ideal supaya usaha ternak ayam broiler tidak tidak berhasil.

Kerugian bisa saja terjadi, Sebagai contoh anak ayam yang kurang baik biasanya akan mengalami pertumbuhan kurang baik, mudah terserang penyakit, sehingga untuk pengelolaannya membutuhkan biaya yang tidak sedikit nominalnya. Begitu pula penyimpanan pakan yang kurang memenuhi syarat dapat menyebabkan kontaminasi terutama jamur dan timbulnya aflatoksin, sehingga dapat mendukung timbulnya berbagai penyakit yang akan mempengaruhi pertumbuhan.

Pengelolah Usaha

Pengelolah usaha dapat disimpulkan menjadi SDM ( sumber daya manusia ) yang mengelolah usaha ternak ayam broiler. Pengelolah usaha memilki peranan sangat terpenting pada pelaksaan pekerjaan usaha. Untuk mengindari kerugian diperlukan SDM yang ideal dalam lakukan manajemen pengendalian ternak. SDM yang kurang ataukah tidak trampil dalam membudidaya akan memunculkan kemungkinan kerugian yang tinggi.

Kualitas Dari DOC ( Day On Chick )

Seperti yang dijelaskan diatas jika anak ayam yang kurang baik akan alami perkembangan yang kurang baik. Untuk mengurangi besarnya modal perawatan semestinya pilih DOC ayam broiler yang berkualitas.
Mengetahui pihak penyedia DOC serta kerjakan pengujian kualitas bibit agar tidak alami kerugian. Di Indonesia ada banyak perusahan terkenal yang menyiapkan bibit serta perlengkapan ternak ayam broiler.

Harga DOC, Pakan serta Obat-obatan

Harga DOC, pakan serta obat-obatan adalah aspek yang menguasai dalam menetukan harga jual ayam. Begitu disayangkan bila harga DOC, pakan serta obat – obatan tidak selamanya didasarkan atas perhitungan cost produksi, karena kondisi pasar yang tidak memberi dukungan. Hal itu begitu punya pengaruh di harga jual ayam jika berlangsung kematian atau masalah produksi yang disebabkan oleh satu penyakit spesifik, hingga tingkat kerugian yang dirasakan peternak akan erat hubungan dengan pengeluaran saat masalah penyakit spesifik berlangsung.

Tingkat Mortalitas Ayam

Tingkat mortalitas ( kematian ) yang tinggi akan mempengaruhi besarnya kerugian yang diderita oleh peternak. Pada usaha peternakan ayam boiler / pedaging umumnya mengharapkan besarnya mortalitas tidak lebih dari 5% pada saat panen diberlakukan dengan konversi pakan 2.0. Perihal ini tentunya mesti sesuai kembali dengan cost produksi keseluruhannya, begitupun di harga ayam waktu di jual. Walaupun begitu mortalitas yang rendah belumlah pasti memvisualisasikan tingkat kerugian yang rendah.

Sistem Kandang Ayam

Pada umumnya terdapat tiga jenis kandang ayam broiler yang banyak digunakan oleh beberapa peternak di dunia. Skema perkandangan ini butuh diperharikan serta sesuai dengan kondisi daerah tempat budidaya ayam broiler. Beberapa manajemen kandang yang butuh dilihat:

  • Atap kandang dibuat dengan monitor agar perputaran hawa lebih baik.
  • Tempat kandang semestinya dibikin dalam tempat terbuka yang jauh dari pemukiman masyarakat.
  • Upayakan tidak bersisihan dengan kandang peternak lainnya.
  • Kandang harus memperoleh cahaya matahari yang cukup.

Kondisi Iklim atau Cuaca

Indonesia mempunyai dua musim, yakni musim panas serta musim hujan. Namun terakhir tahun ini iklim di Indonesia begitu sulit ditebak. Dalam usaha budidaya ayam potong, aspek iklim dapat juga jadi penyebab kerugian.

Ditambah lagi saat musim pancaroba, temperatur hawa di beberapa daerah jadi tinggi bahkan juga sampai diatas 38 derajat Celsius. Lalu kondisi topografi banyak daerah di indonesia berbeda, jelas keadaan iklim ini bisa jadi sebuah masalah serius.

Demikian juga artikel kami, semoga dapat bermanfaat untuk anda..

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*